Sunday, April 27, 2014

Mencari Solusi dengan PetunjukNya

Dahulu desa-desa di Jawa bisa sangat dingin di pagi hari, maka sarung adalah pakaian ‎multi purpose. Dipakai sebagai pakaian laki-laki umumnya di siang sampai sore hari, dan digunakan untuk selimut di malam sampai pagi hari. Tetapi ketika kain sarung masih menjadi barang mewah, tidak semua orang bisa membeli sarung dengan ukuran yang cukup. Maka dari sinilah muncul istilah 'kemulan sarung', kita harus 'melipat tubuh' kita agar sarung yang kependekan tadi cukup untuk menutupi seluruh tubuh kita.

Bila badan kita lurus, sarung kependekan tidak akan cukup menutup seluruh tubuh kita. Kita tarik ke atas menutupi badan bagian atas – kaki menjadi kedinginan, sebaliknya kita tarik kebawah untuk menutupi kaki – badan bagian atas yang kedinginan.

Sarung yang kependekan inilah prinsip ekonomi kapitalis yang mendasarkan benda-benda ekonomi sebagai benda-benda yang mengalami kelangkaan atau ‎scarcity. Ketika benda-benda yang langka atau terbatas digunakan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia yang relative tidak terbatas – maka benda apapun bisa menjadi barang mahal karena kelangkaannya.

Akibatnya akan selalu ada kebutuhan yang dikorbankan, setiap satu masalah diatasi – ada masalah lain yang tidak diatasi atau malah timbul masalah-masalah baru. Solusi satu sisi (side) menimbulkan masalah-masalah baru di sisi lain (side effects atau efek samping).

Lantas bagaimana kita bisa mencari solusi dari masalah-masalah kita agar solusi tersebut tidak malah menimbulkan efek samping yang lebih besar ? Agar solusi kita tidak seperti sarung kependekan tersebut di atas ?

Disinilah perlunya petunjukNya itu ! Ilmu manusia terlalu sedikit dan pengalamannya terlalu pendek untuk bisa menyombongkan diri bisa mengatasi segala persoalan yang dihadapinya. Bahkan teman saya yang professor science-pun mengakui‎ bahwa ilmu manusia saja tidak menyelamatkan.

Petunjuk tersebut datang dari Yang Maha Tahu, kebenarannyapun abadi hingga akhir jaman – maka bila solusi-solusi itu mengikuti petunjukNya, insyaAllah dia akan mengandung kebaikan yang banyak dan tanpa efek samping yang merugikan.

Maka agar solusi atas masalah-masalah kita tidak seperti sarung kependekan tersebut di atas, awalilah dengan memohon petunjukNya. Setiap solusi yang datang dari petunjukNya, dia bukan hanya mengatasi masalah yang ada tetapi juga mengandung kebaikan-kebaikan lain yang sangat banyak. Insyaallah.

0 comments:

Post a Comment

My Blog List