Tuesday, May 13, 2014

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai usaha ? 


Apa yang harus dilakukan sebelum memulai usaha?  Jika anda sudah mempunyai pilihan usaha, jangan langsung begitu saja menanamkan modal Anda sepenuhnya. Lebih baik alokasikan modal dana Anda secara bijak just in case sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. 

Jadi bila hal tersebut benar-benar terjadi maka Anda masih memiliki "pelapis" untuk meneruskan usaha Anda itu. Maka sebelum suatu usaha dimulai Anda haruslah terlebih dahulu secara cermat melakukan hal-hal berikut: 
  • Membuat Business Plan (secermat mungkin dalam merencanakan usaha yang akan digeluti).
  • Tanyakan ahlinya mengenai usaha yang akan anda lakukan, Sering-seringlah untuk menggali info-info sebanyak mungkin dari forum-forum seperti yang terdapat di internet dan sebagainya 
  • Lakukan survey terhadap usaha yang sejenis agar mendapat informasi yang lengkap, 
  • Hubungi pihak Bank, apakah usaha sejenis tersebut masih mendapat dukungan bank, 
  • Jajaki terhadap kesukaan dan kebutuhan konsumen secara mayoritas yang berhubungan produk, 
  • Siapa-siapa saja pesaing dalam usaha yang digeluti anda hadapi cukup banyak atau sedikiti, 
  • Survey apakah usaha sejenis yang anda geluti sudah jenuh atau menjanjikan,bahkan lagi trend. 
  • Survey bahan baku yang anda perlukan, survey lokasi usaha. Mempertajam kejelian intuisi dan Berdo'a
Begitu usaha anda berdiri dan anda sudah siap dengan produk atau jasa untuk dijual. Artinya anda sudah masuk ke medan perang. Jika Anda sudah memiliki usaha bukan berarti Anda langsung didatangi oleh para pelanggan. 

Untuk alasan itu, hal yang perlu Anda lakukan sekarang adalah untuk memberitahukan kepada khlayak tentang usaha dan keberadaan usaha yang Anda lakukan melalui mulut ke mulut, iklan di berbagai media (tentunya dengan melihat jenis dan besarnya usaha yang Anda jalankan). 

Jika Anda telah mampu menarik minat pelanggan, maka selanjutnya upayakan meningkatkan layanan Anda kepada pelanggan Anda tersebut karena mereka dapat Anda jadikan sebagai sarana promosi karena bila yang bersangkutan terkesan dengan layanan Anda maka ia akan secara otomatis memberitahukan kepada para rekan-rekannya. Satu jalur promosi yang gratis bukan? Jadi sudah siapkah Anda untuk terjun dalam bidang kewirausahaan?‎

www.kantor-di-rumah.com

0 comments:

Post a Comment

My Blog List