Monday, May 12, 2014

Link Building, Backlink, External Linking, & Internal Linking

Kita tidak bisa mengatakan kalau strategi link building itu sudah uzur. Backlink masih amat sangat penting. Namun kriterianya kian rumit dan tidak bisa dijabarkan begitu saja. Di berbagai tulisan maupun blog lain, backlink berkualitas selalu disinggung-singgung, tapi apakah kini kita bisa benar-benar menelan mentah-mentah? Tidak. Saya tidak mengatakan backlink berkualitas mustahil didapat, tetapi ya, faktanya memang semakin sulit didapat. 

Satu-satunya backlink eksternal yang paling berkualitas adalah yang dibuat dengan "tidak sengaja". Saya kasih tanda kutip karena bisa jadi kesannya tidak sengaja tapi sebenarnya disengaja. Misalnya backlink di dalam artikel blog lain, yang diminta oleh pemilik blog untuk dimuat di sana. Ini hanya satu contoh.

Tapi apakah upaya ini bisa dilakukan oleh pemilik blog tersebut ke puluhan hingga ratusan blog lain? Tentu tidak, kalopun bisa, tidak memakan biaya sedikit. Ini hanya satu contoh. Dan bagi saya, ini tetap tidak natural. Belum lagi nanti kalo sudah masuk ke konteks relevansi konten. Beuh! Rumit.

Saya tidak bermaksud menakut-nakuti atau mempersulit, tapi saya ingin menegaskan bahwa link building bukanlah aktivitas "sekedar". Butuh strategi dan kematangan.

 Saya sungguh sangat menyayangkan beberapa tulisan yang masih saja menyajikan teknik-teknik link building berbahaya, menyesatkan, dan justru bisa menyebabkan penirunya terjebak ke dalam Google Sandbox, cap spammer,penghapusan blog karena spam, penalti Google, dan seterusnya.

Nah, tahukah bahwa di antara berbagai strategi menciptakan backlink, internal linking merupakan salah satunya? Ya, internal linksatau link yang menuju ke halaman-halaman internal sebuah website/blog juga merupakan backlink.

Dan, hebatnya, sebuah internal link yang dibuat dengan relevan, strategis, baik dan matang bisa menjadi backlink yang berkualitas dan berpengaruh besar bagi search engine dan pembaca. Kenyataannya, internal linking adalah salah satu strategi link building yang paling mudah dan seharusnya menjadi awal dari segala teknik link building selanjutnya. ‎

0 comments:

Post a Comment

My Blog List