Wednesday, May 28, 2014

Pemeliharaan Ikan Lele

Ikan Lele merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan baik untuk area terbatas (kolam terpal) atau pun skala besar serta sangat digemari masyarakat, dengan rasa yang lezat, daging empuk, duri teratur dan dapat disajikan dalam berbagai macam menu masakan.K-3 (Kuantitas, Kualitas dan Kesehatan) 


Pembenihan Ikan  Lele.

Adalah budidaya ikan lele untuk menghasilkan benih sampai berukuran tertentu dengan cara mengawinkan induk jantan dan betina pada kolam-kolam khusus pemijahan.
Pembenihan lele mempunyai prospek yang bagus dengan tingginya konsumsi lele serta banyaknya usaha pembesaran lele.

Sistem Budidaya.

Terdapat 3 sistem pembenihan yang dikenal, yaitu :

1. Sistem Massal. Dilakukan dengan menempatkan Ikan lele jantan dan betina dalam satu kolam dengan perbandingan tertentu. Pada sistem ini induk ikan jantan secara leluasa mencari pasangannya untuk diajak kawin dalam sarang pemijahan, sehingga sangat tergantung pada keaktifan induk ikan jantan mencari pasangannya.
 
2. Sistem Pasangan. Dilakukan dengan menempatkan induk Ikan jantan dan ikan betina pada satu kolam khusus. Keberhasilannya ditentukan oleh ketepatan menentukan pasangan yang cocok antara kedua induk ikan.
 
3. Pembenihan Sistem Suntik (Hyphofisasi).
Dilakukan dengan merangsang Ikan lele untuk memijah atau terjadi ovulasi dengan suntikan ekstrak kelenjar Hyphofise, yang terdapat di sebelah bawah otak besar. Untuk keperluan ini harus ada ikan sebagai donor kelenjar Hyphofise yang juga harus dari jenis lele.

* dari berbagi sumber 


Untuk anda yang berminat untuk berternak lele kami siap membantu anda untuk menyediakan bibit lele berkualitas berabagai jenis ukuran dengan harga bersaing.

0 comments:

Post a Comment

My Blog List