Sunday, May 4, 2014

Penaklukan langit dan bumi

"Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan) mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang berjidal dengan Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan."(QS 31:20)

Penaklukan langit dan bumi ini hanya memberi manfaat pada manusia bila dia tidak berjidal atau membantah petunjukNya. Orang Rusia telah menaklukkan angkasa luar sejak awal tahun 60-an, diikuti oleh orang Amerika menginjakkan kaki di bulan pada akhir dasawarsa yang sama.

Sejak saat itu silih berganti negeri-negeri yang mampu berlomba menaklukkan angkasa, tetapi apa manfaatnya bagi kehidupan di muka bumi ? Karena penaklukan ini tidak didasari keimanan – maka penaklukan-penaklukan ini belum memberi manfaat yang luas bagi kehidupan manusia. Penaklukan bumi bahkan lebih banyak merusak ketimbang memperbaikinya.

Maka disinilah challenge-nya bagi pendidikan anak-anak kita ke depan. Dengan science dan technology masa depan mereka insyaAllah akan menaklukkan langit dan bumi dengan seijin dan petunjukNya seperti yang diindikasikan di ayat tersebut di atas. Tetapi sebelum itu dilakukan, anak-anak kita tersebut harus terbangun dengan sangat kuat karakter keimanannya. InsyaAllah.

0 comments:

Post a Comment

My Blog List