Tuesday, May 20, 2014

Samsung Galaxy Note 10.1 (2014 Edition)

Samsung Galaxy Note 10.1 (2014 Edition)
"Tablet Android Terunggul Saat Ini"

Seri Galaxy Note dari Samsung ketika pertama dirilis identik dengan phablet, namun kemudian berkembang menjadi seri phablet dan tablet, dengan ciri yang paling khas adalah adanya stylus S-Pen yang penggunaannya pun sudah semakin berkembang. Untuk tablet Note, setelah meluncurkan Note 10.1 akhir tahun 2012, Samsung merilis penerusnya, yang disebut sebagai Galaxy Note 10.1 2014. Saat ini tablet tersebut adalah flagship dari seluruh jajaran tablet Samsung, buktinya speknya sangat gahar, sebut saja:

Layar Super Clear LCD 10.1 inci dengan resolusi 2560x1600 piksel
Chipset Exynos 5 Octa dengan arsitektur big.LITTLE (quadcore 1,9GHz Cortex A15, quadcore 1,3GHz Cortex A7)
RAM 3GB, storage 32GB, slot micro SD
Android 4.3 Jelly Bean
Kamera utama 8MP dengan autofokus dan flash LED, kamera depan 2MP
Baterai Litium Polimer 8220mAh
Dengan spek gahar, Note 2014 juga diberikan seabreg fitur seperti Magazine Style UX, Multi Windows, S-Note yang lebih dikembangkan, Air Command, Action Memo, Scrapbooker, dan Pen Window. Dilihat dari spek gahar dan seabreg fitur yang ditawarkan, bagaimana performa Note 10.1 2014? Apakah sebanding dengan harganya yang mencapai Rp. 7999.000?


Impresi Desain dan Material

Seperti biasa, desain Samsung adalah turunan dari perangkat sebelumnya. Jika biasanya desain yang digunakan memiliki basis dari seri Galaxy S, kini tampaknya yang menjadi basis untuk beberapa perangkat Samsung ke depannya adalah Samsung Galaxy Note 3. Buktinya, Note 10.1 2014 ini menggunakan kover belakang plastik dengan finishing yang seperti kulit (leather-like) lengkap dengan aksen jahitan (stitching) pada pinggirannya. Dengan warna putih, sebuah frame plastik dengan sentuhan stainless-like mengelilingi tablet ini. Dari depan memang terlihat tidak berbeda jauh dengan Note 10.1 2013, meskipun tablet ini terasa sekali cukup kecil dan ringan untuk ukuran tablet 10 inci.


Samsung Galaxy Note 10.1 (2014 Edition) Review Gallery

Ciri khas tablet-tablet Samsung adalah vendor asal Korea Selatan ini mempertahankan tombol Home yang diapit oleh tombol kapasitif untuk Menu dan Back. Cukup berguna, tetapi pada saat menggunakan tablet mungkin tombol kapasitif akan sering terkena tangan Anda, terutama saat menggunakan tablet dalam posisi portrait. Dengan bezel yang lebih sempit dari Note 10.1 sebelumnya, memang membuat Note 2014 lebih langsing, namun berimbas pada tingkat ergonomis yang sedikit berkurang, karena layar bisa terkena tangan saat Anda sedang menggunakan tablet ini. Meski menggunakan kover yang ada sentuhan seperti kulit, tetap saja feel premium kurang didapatkan saat menggunakan Note 10.1 2014, terlebih jika dibandingkan dengan Apple iPad. Tapi sepertinya bukan masalah untuk sebagian orang, secara keseluruhan penggunaan tablet ini tetap cukup ergonomis, seperti biasa desain Samsung cukup mengutamakan kenyamanan penggunanya, dengan bentuk yang mengikuti genggaman tangan.

Port yang ada di Note 10.1 2014 baik micro USB dan jack audio terbuka, sementara slot kartu SIM dan micro SD bersebelahan di samping kanan. Slot S-Pen yang ada di sebelah kanan atas menimbulkan getaran halus saat S-Pen dicabut dari tempatnya. Yang cukup melegakan untuk pecinta multimedia adalah hadirnya loudspeaker stereo di sisi kanan dan kiri tablet ini, jadi saat menonton video dalam posisi landscape, letak stereo sudah benar.

Bersama dengan tablet Note 10.1 2014 ini, kami juga mendapatkan dua unit smart case dari CAPDASE, yakni tipe CAPDASE Karapache Jacket-Sider Elli for Samsung Galaxy Note 10.1 2014 Edition(dua foto atas) dan ahha MARRO-Smart Flipcase for Samsung Galaxy Note 10.1 2014 (dua foto bawah) yang lebih terjangkau. Keduanya memiliki sistem pengunci, karet untuk Sider Elli dan magnetis untuk Ahha Marro. Kedua case ini sangat presisi di bodi Galaxy Note 10.1 2014, serta termasuk smart case, layar mati saat case ditutup dan hidup saat case dibuka.


Layar

Salah satu perbedaan utama antara Note 10.1 2014 dengan versi tahun sebelumnya adalah layar. Layar 1280x800 piksel pada Note 10.1 dilipatgandakan menjadi 2560x1600 piksel pada versi 2014, sehingga jumlah piksel pada layar empat kali lebih banyak. Dengan lebar layar 10.1, kepadatan pikselnya mencapai 299 piksel per inci, menang jauh dibanding Note 10.1 (149 ppi). Dibandingkan dengan iPad Retina (264 ppi) pun Note 10.1 2014 masih menang. Saat ini bisa dibilang tablet tersebut hanya kalah dibanding iPad Mini Retina (324 ppi), meskipun tentu saja iPad Mini memiliki layar berukuran lebih kecil.

Kualitas layar termasuk sangat bagus, dengan ciri khas White Balance yang cool (kebiruan) ala Samsung. Saturasi, tingkat kontras dan sudut pandang penglihatan sangat baik. Meski bukan Super AMOLED, tapi sensasi dan karakteristik layar Super LCD pada Note 2014 ini mirip dengan AMOLED, meskipun untuk tingkat warna hitam tentu tidak hitam sempurna seperti layar OLED. Layar Note 2014 menggunakan penyusunan Pentile Matrix, sama seperti layar Super AMOLED di Note 3 dan Galaxy S5. Dengan hanya dua subpiksel, untuk huruf berwarna putih terlihat agak kosong. Namun dengan resolusi layar mencapai 2560x1600 piksel, seharusnya tidak ada masalah besar untuk susunan Pentile ini. Jika Anda tidak menyukai karakteristik warna layar yang secara defalut menggunakan mode Adapt Display, ada tiga mode lain yang dapat digunakan yakni Dynamic, Standard dan Movie. Selain itu, ada Reading Mode yang mengoptimalisasikan layar untuk membaca, namun mode ini hanya berlaku untuk aplikasi tertentu saja.

Antar Muka

Ada banyak sekali perubahan dan fitur yang dikembangkan oleh Samsung jika dibandingkan dengan Note 10.1 yang pertama. Tentunya kebanyakan fitur yang hadir memaksimalkan S-Pen yang menjadi kelebihan utama seri Galaxy Note dibandingkan perangkat lain. Saking banyaknya, sampai-sampai kemungkinan Anda mungkin harus kursus dulu agar bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang ada. Dari lockscreen, Anda dihadapkan pada widget di sebelah kiri, sementara area sebelah kanan digunakan untuk menyapu layar saat meng-unlock layar. Efek yang digunakan sangat cantik, ada dua jenis, cat air dan riak-riak. Di lockscreen Anda bisa menaruh akses pintas, beberapa widget, informasi personal dam pesan personal.

Ada maksimal 7 buah Homescreen yang bisa digunakan, di mana Anda bisa memilih Home bagian mana yang menjadi Home secara default. Tiap Homescreen dapat menampung 8 kolom akses pintas aplikasi. Akses untuk menu utama ada di sebelah kanan bawah, tempat yang cukup aneh. Di kanan bawah ada widget Google yang bersifat permanen. Menu utama terbagi dua, yakni Apps dan Widgets, serta Download. Aplikasi yang ada dapat disusun secara kustom atau alfabetis. Baik di Homescreen maupun di Menu utama, Anda bisa mengelompokkan apps melalui folder.

Seperti tradisi perangkat Galaxy, area teratas di bar notifikasi dipenuhi dengan Quick Toggle, yang sangat memudahkan jika Anda ingin melakukan pengaturan cepat seperti mematikan atau menyalakan WiFi misalnya. Isinya sangat banyak, Anda bisa tentukan urutan dari tiap Quick Toggle. Sementara untuk mengakses Recent Apps, silakan tahan tombol Home selama beberapa detik. Ada Task Manager untuk menghentikan sebuah aplikasi alias kill. Fitur ini cukup membantu, Anda bisa Clear memory bisa dilakukan dengan cepat. Namun tentu ada konsekuensinya, data Anda bisa tidak tersimpan.

Samsung tidak menyia-nyiakan spek kelas atas pada berbagai perangkatnya, dengan menyertakan fitur Multi Windows, yang memungkinkan dua aplikasi berjalan berbarengan. Fitur ini berjalan cukup lancar, dengan beberapa aplikasi yang mendukungnya seperti galeri foto, pemutar video, browser, Note dan sebagainya. Caranya cukup mudah, dengan menahan tombol Back selama beberapa detik, maka di sebelah kiri layar akan muncul aplikasi-aplikasi yang siap untuk dijalankan berbarengan. Lalu, pilih salah satu ikon aplikasi, tarik ke bagian layar yang diinginkan. Ukuran bagian layar yang digunakan sebuah apps bisa Anda tarik untuk lebih besar atau sebaliknya. Performanya mulus, meskipun Anda memutar video Full HD dari pemutar video bawaan berbarengan dengan memutar video HD pada aplikasi Youtube sekalipun. Pastinya, fitur ini akan sangat berguna sebagai fitur penambah produktivitas, dan menjadi nilai plus bagi Note 10.1 2014.

Menu Settings terbagi menjadi 4 bagian saking banyaknya pengaturan yang bisa Anda lakukan di Galaxy Note 10.1 2014 ini, mulai dari pengaturan huruf, aksesibilitas, Blocking Mode (notifikasi untuk fitur tertentu akan dimatikan) dan lain-lain. Empat bagian tersebut antara lain: Connections, Device, Controls dan General. Secara keseluruhan, performa tablet ini amat lancar berkat prosesor kelas atas dan RAM 3GB, meski secara mengejutkan masih ada lag atau stuttering, kemungkinan disebabkan oleh TouchWiz yang memiliki sangat banyak fitur tambahan yang bekerja di background (misalnya Smart Scroll, Smart Stay dan sebagainya).

Magazine Style UX

Fitur ini memungkinkan tablet ini menampilkan majalah digital seperti Flipboard. Bahkan pada dasarnya aplikasinini adalah Flipboard yang dikustomisasi sedemikian rupa. Cara mengaksesnya adalah dengan menekan tombol Home saat di Home pada Homescreen, atau dengan menyeret dari bezel bawah layar ke arah atas. Seperti Flipboard atau aplikasi BlinkFeed pada HTC One, di sini Anda dapat menambahkan topik-topik populer kesukaan Anda, serta disinkronisasikan dengan akun jejaring sosial Anda.

Fitur S-Pen dan S-Note

Sejak perilisannya, S-Pen dan S-Note adalah ciri khas dari seri Galaxy Note. Dengan kedua fitur tersebut, Anda bisa membuat gambar atau pesan secara cepat, mudah dan menyenangkan. Apalagi ditambah fitur-fitur bawaan yang menyertai S-Note seperti Shape Match (mengenali bentuk geometri yang Anda gambar dan merapikannya) atau Easy Chart, yang memungkinkan Anda menggambar chart atau diagram dengan mudah.

S-Pen juga masih mendukung 3 fitur berikut, yakni: Air View (melakukan preview pada konten atau menu tanpa harus menyentuh S-Pen ke layar, berlaku di S-Note, email, video, galeri foto dan S-Planner), Easy Clip (melakukan outline pada layar dan kemudian meng-crop bagian tersebut untuk kemudian di-edit atau di-share), dan Quick Command (dengan cepat mengaktifkan perintah tertentu menggunakan gesture dengan S-Pen).

Ketika Anda mencabut S-Pen dari tempatnya, di layar akan muncul aplikasi Air Command, dengan 5 buah fitur yang menyertainya. Jikapun tidak muncul, Anda masih bisa memunculkannya dengan menahan tombol pada S-Pen di atas layar (bukan di layar) selama beberapa detik. Inilah 5 fitur Air Command:

Action Memo: Memunculkan akses cepat ke pembuatan Memo, selanjutnya Anda bisa melakukan panggilan, menyimpan kontak, mengirim SMS atau email, melakukan pencarian web dan sebagainya melalui fitur Link Memos to Actions.
Scrapbooker: melalui fitur ini Anda bisa ''menggunting'' apa saja yang tampil dalam layar untuk kemudian dikoleksi ke Scrapbook.
Screen Writer: memungkinkan Anda menulis di layar manapun pada Note 10.1 2014 (di-screenshot terlebih dahulu).
S Finder: Anda bisa mencari konten pada perangkat Anda dan di internet secara keseluruhan, bisa menggunakan fitur pencarian berbasis tulisan tangan serta pencarian simbol.
Pen Windows: memunculkan semacam Small Apps pada layar, dengan menggambar kotak sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan untuk aplikasi tersebut. Mirip Multi Windows, namun dengan ukuran aplikasi yang berbeda. Namun untuk jumlah aplikasinya (Calculator, Alarm, Youtube, Phone, Contacts, ChatOn, Hangouts, Internet) tidak sebanyak Multi Windows.

Kamera

Memotret dengan tablet memang masih dirasa janggal, namun tidak berarti fitur tersebut dipangkas. Meski merupakan sebuah tablet kategori besar (10.1 inci), resolusi kamera Note 2014 mencapai 8 megapiksel, dan masih ditambah fitur autofokus dan tambahan LED Flash. Fitur-fiturnya pun lumayan lengkap, selayaknya Samsung Galaxy S4, dengan beberapa Mode yang bisa digunakan: Auto, Beauty Face, Best Photo, Best Face, Sound and Shot, Drama, Rich Tone (HDR), Eraser, Panorama, Sports dan Night. Sementara untuk pengaturan ada resolusi, Burst shot, tap to shot, deteksi wajah, metering, ISO, Auto night detection serta pengaturan timer, White Balance, tingkat eksposur, guideline, flash, voice control, dan penyimpanan storage. Secara keseluruhan kamera mudah digunakan, terlebih di fitur Mode ada gambaran mengenai apa yang kira-kira bisa Anda hasilkan dengan Mode tersebut.

Sementara untuk merekam video fiturnya lebih sedikit, namun tetap bisa merekam video format Full HD 1080p. Ada fitur stabilisasi video, namun basisnya digital sehingga hasilnya tidak sebaik kamera dengan OIS. Fitur-fitur dan pengaturan sendiri antara lain: pengaturan timer, White Balance, tingkat eksposur, guideline, flash, voice control, dan penyimpanan storage.

Hasil kamera bagus dan jernih untuk ukuran tablet. Hasil luar ruangan tidak berbeda jauh dengan kamera smartphone kelas atas pada umumnya. Sementara itu di luar ruangan memang noise yang dihasilkan cukup terlihat, meski secara keseluruhan tetap termasuk bagus dibandingkan kebanyakan smartphone kelas menengah. Silakan unduh dari tautan ini (Mediafire) untuk melihat file asli. Foto di bawah juga bisa diklik untuk melihat dalam ukuran besar di album Photobucket kami.

Hasil perekaman video menghasilkan file dengan bitrate di kisaran angka 17000kbps dan framerate 30 fps. Filenya sendiri memakan storage sebesar 124MB untuk video berdurasi 1 menit. Video yang dihasilkan jernih dan stabil meskipun tidak ada OIS yang melengkapi kamera pada tablet 10 inci ini.

Galeri foto dan Pemutar Video

Tergabung dengan video, galeri foto tampilannya bagus. Folder di sebelah kanan, lalu sisanya thumbnail dari foto-foto dan video yang ada. Ukuran thumbnail bisa diperbesar atau sebaliknya dengan mencubit layar. Foto dapat Anda edit, dirotasi, di-crop melakukan seleksi, menambahkan efek dan masih banyak lagi. Foto juga dengan mudah bisa di-share via Bluetooth, ChatOn, Wifi Direct, Picasa, MMS, Google+, Gmail, Dropbox dan lain-lain. Foto dapat dikelompokkan berdasarkan lokasi dan waktu. Detil-detil gambar seperti model kamera, panjang fokal, ISO, eksposure dan data-data EXIF lainnya bisa dibaca.

Sementara untuk pemutar video masih ada aplikasi yang terdedikasi. Format-format standar seperti mp4, avi hingga mkv dapat diputar dengan mudah, hingga resolusi 1080p. Hanya format .mov yang tidak bisa diputar oleh aplikasi bawaan ini. Format subtitle .srt muncul secara otomatis, asalkan filenya ada di folder yang sama, dan memiliki judul sama dengan file video. Anda bisa memilih subtitle secara manual, menon-aktifkan subtitle, melakukan sinkronisasi dan mengubah ukuran hingga jenis dan warna huruf, dan bisa ditambahkan warna latar. Tentu tidak ketinggalan fungsi Pop Up Play yang memungkinkan Anda bisa memutar video sambil melakukan hal lainnya pada tablet. Ketika dalam keadaan mode Pop Up Play, Anda dapat melakukan zoom-in zoom-out dengan melakukan cubitan pada video. Pemutar video bawaan ini juga mengadopsi fitur pengaturan tingkat kecerahan dengan melakukan swipe arah atas-bawah di layar sebelah kiri, dan mengatur volume di layar sebelah kanan dengan gestur serupa. Loudspeaker stereo menghasilkan keluaran suara yang keras dan berkualitas, serta efek stereo yang terasa, dikarenakan peletakan loudspeaker di kiri kanan tablet ini.

Pemutar Musik

Pemutar musik bawaan pada Note 2014 ada dua buah, yakni pemutar musik dari Google dan pemutar musik bawaan Samsung. Untuk pemutar musik bawaan Samsung, tampilannya setipe dengan galeri foto dan video dengan latar belakang putih dan layar yang terbagi dua antara kategori dan lagu-lagu di dalamnya. Pengaturan suara menggunakan SoundAlive, dengan berbagai pilihan ekualiser seperti pop, rock, dance, jazz dan sebagainya, serta tentunya ekualiser custom buatan Anda sendiri. Kualitas suara stereo loudspeaker bagus, renyah dan kencang, bass memang agak kurang, namun secara keseluruhan untuk ukuran perangkat mobile, loudspeaker Note 2014 memuaskan. Seperti pada Galaxy S4, untuk keluaran suara viaheadset, Anda bisa melakukan kalibrasi dengan fitur AdaptSound. Caranya, Anda diminta mendengarkan 100 jenis bunyi beep yang berbeda tingkat kejelasan suaranya, dan menjawab satu per satu apakah bunyi-bunyi tersebut terdengar atau tidak. Dengan demikian secara otomatis aplikasi ini akan mencocokkan frekuensi keluaran suara headset dengan pemutar musik. Selain itu fitur canggih lainnya adalah Music Square, fitur ini membagi music berdasarkan jenis nadanya, passionate, exciting, calm atau joyful.

Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, GPRS dan EDGE kelas 12
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dengan HSDPA maksimal 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Bluetooth 4.0
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot
Port infrared (sebagai remote TV)
USB 2.0 dengan port model micro USB
slot kartu micro SD (maks. 64GB)
aGPS

Web Browser

Untuk menjelajahi web ada dua opsi yakni Chrome dan browser bawaan. Tab yang bisa dibuka tidak dibatasi, sekuatnya tablet ini saja, pada 20 tab performanya masih stabil. Fitur-fiturnya antara lain Incognito, share halaman, Find, Desktop view, save for offline, print dan pengaturan-pengaturan seperti auto fill, pengaturan privasi dan keamanan, aksesibilitas dan lain-lainnya. Juga fitur dan opsi lain seperti cache, cookie, history, autofit, javascript encoding dan lain-lain. Untuk aksesibilitas banyak opsi yang bisa dipilih seperti skala teks, zoom, ukuran font terkecil yang ditampilkan, serta melakukan invert warna. Performa browser bagus, biarpun Anda membuka situs yang dipenuhi banyak konten. Apalagi, Browser bawaan tablet ini mendukung fitur multi windows dari Samsung, sehingga memungkinkan untuk menjelajahi web sambil melihat-lihat foto atau video di galeri misalnya.

Hasil Tes Benchmark

Antutu: 33873 poin
Nenamark2: 60,8 fps
SunSpider: 577,4ms
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan

Daya Tahan Baterai

Tes screenshot: dalam 172 menit habis 44 persen
Tes video HD playback: 71 persen
*Tingkat kecerahan layar 50 persen. internet menggunakan WiFi, seluler aktif dengan sinyal bervariasi

Kesimpulan

Jika disimpulkan, Galaxy Note 10.1 2014 adalah tablet Android terbaik saat ini. Paduan antara spek kelas atas dan bejibun fitur adalah jawabannya. Ditambah lagi kemampuan S Pen dan S Note yang semakin bervariasi. Secara desain sudah ada perbaikan dibanding versi sebelumnya, meskipun perbaikan minimalis, namun paling tidak secara ukuran tablet ini sudah lebih ringan dan kompak dibandingkan rata-rata tablet Android dengan layar 10 inci.

Kelebihan:

Layar 2560x1600 piksel
RAM 3GB
Kemampuan S-Pen dan S-Note semakin lengkap
Loudspeaker Stereo berkualitas
Kamera bagus
slot micro SD
Bisa menelepon dan SMS

Kekurangan:

Layar Pentile Matrix
Performa tidak semulus yang diharapkan
Tombol kapasitif kadang agak mengganggu, sering tersentuh secara tidak sengaja

0 comments:

Post a Comment

My Blog List