Wednesday, June 4, 2014

Klasifikasi Paku Air dan Manfaatnya

Pernahkah kita makan pecel semanggi khas Surabaya? Jika pernah, maka kita sudah tidak asing lagi dengan sayur semanggi. Semanggi merupakan salah satu contoh tumbuhan paku air. Tumbuhan ini biasanya hidup di pematang sawah atau saluran irigasi. Ingin tahu lebih lanjut tentang contoh lain dan klasifikasi paku air? Maka tak ada salahnya, kita baca uraian di bawah ini.


Pengertian Paku Air

Hydropteridales atau biasa disebut dengan tumbuhan paku air merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang biasa hidup di air. Baik itu mengapung atau tumbuh di tempat- tempat yang tergenang.


Klasifikasi Paku Air

Selain semanggi atau Marsiela crenata, masih ada contoh tumbuhan lain yang termasuk dalam paku air, yaitu Salvinia natans dan Azolla.


Karakteristik Paku Air

Selanjutnya, ada beberapa karakteristik tumbuhan paku air, yaitu sebagai berikut ini.

1.  Tumbuhan paku air memiliki akar, batang, dan daun sejati.

2.  Tumbuhan paku air, secara anatomi sudah memiliki berkas pembuluh angkut, yaitu xilem dan floem yang berkembang dengan baik sehingga memungkinkan terjadinya proses fotosintesis.

3.  Tumbuhan paku air hidup di perairan atau genangan air.

4.  Tumbuhan paku air juga memiiki klorofil.

5.  Tumbuhan paku air memiliki kutikula dan stoma tahan air yang dapat mengontrol kekurangan air.

6.  Tumbuhan paku air bersifat heterospor. Artinya, dapat menghasilkan dua macam spora yang berbeda baik ukuran atau kelaminnya.


Manfaat Paku Air

Tumbuhan paku air memiliki manfaat yang cukup banyak bagi manusia. Baik di bidang makanan, kesehatan, dan pertanian.


Manfaat Paku Air Dalam Hal Makanan

1.  Paku air Marseilla crenata atau daun semanggi dapat digunakan sebagai salah satu bahan  makanan yang lezat. Bahkan kandungan fitoestrogen dalam tumbuhan ini dapat digunakan sebagai zat pencegah osteoporosis.

2.  Paku air Marseilla drummondii biasa juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan makanan penduduk asli Australia (aborigin).

Manfaat Paku Air dalam Bidang Kesehatan

Paku air semanggi ini dapat juga digunakan sebagai obat pengecilan hati, batuk, sesak nafas,sariawan, radang tenggorok, dan infeksi amandel


Manfaat Paku Air dalam Bidang Pertanian

Paku air Azolla pinnata biasa digunakan sebagai pupuk organik pada tanaman padi di kawasan tropis dataran rendah Asia Tenggara. Mengapa demikian? Simbiosis yang baik antara paku air jenis ini dan Anabaena Azollae dapat menambat nitrogen yang dibutuhkan tumbuhan dari atmosfir

Demikianlah pengertian, contoh, karakteristik, dan klasifikasi paku air. ‎

0 comments:

Post a Comment

My Blog List