Thursday, June 5, 2014

Powered Fiber Cable

Dalam acara FTTH Council Asia Pasific Conference yang berlangsung di Penang, Malaysia, puluhan perusahaan penyedia jasa dan infrastuktur internet memamerkan produk-produk andalannya. Berbagai solusi infrastruktur internet dipamerkan, kebanyakan produk berbasis fiber optik.

Salah satu perusahaan yang ikut dalam konferensi itu, TE Connectivity memamerkan benda berukuran tak lebih dari 70x50 cm yang punya fungsi mencengangkan.

Powered Fiber Cable -- demikian nama alat tersebut -- memiliki fungsi untuk menyalurkan jaringan internet di gedung sampai 50 lantai. Para penghuni gedung tak perlu menggunakan kabel LAN agar bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, dalam waktu yang bersamaan alat itu juga bisa digunakan untuk menyalurkan sumber tenaga bagi lampu lalu lintas yang berada hingga 1 km dari gedung utama. Powered Fiber Cable juga bisa digunakan untuk mengontrol kamera CCTV.

"Dalam alat ini ada 3 kabel fiber yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk memasok internet di gedung yang mempunyai tinggi 20-50 lantai. Dan Anda tidak perlu menggunakan kabel lagi, karena kita bisa gunakan cara wireless," kata Vice President of Product Management Broadband Network Solution Division, TE Connectivity, Mark Hesling di Hotel Equatorial, Penang, Malaysia, Kamis (5/6/2014).

Mark menjelaskan, alat yang dibuat perusahaannya itu mampu mengcover akses internet dengan kecepatan setara 4G. Selain itu, dalam radius 1 km dari gedung utama juga masih bisa mendapatkan akses Wifi.

"Prinsipnya, TE Powered Fiber Cable ini akan menyalurkan tenaga dan data dari data dan power center. Bedanya, anda tak perlu menggunakan banyak alat dan kabel," jelasnya.

Saat ini, Powered Fiber Cable sudah mulai dipasarkan di Amerika. Namun, dalam waktu dekat sudah akan memasuki pasar Asia, termasuk Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

My Blog List